Technologi, Dialektikanews.id - Agar sukses mendulang untung di bulan Ramadan, Google membagikan dua kiat membuat kampanye pemasaran yang efektif dan efisien untuk dongkrak penjualan online.
Google mengungkapkan sejumlah tren belanja konsumen dari playbook strategi pemasaran Ramadan 2024 yang diharapkan dapat membantu para pedagang dan penjual online meraih kesuksesan.
Sebagai informasi, dalam merayakan dan berbelanja Ramadan, konsumen melakukan riset dan mengambil keputusan dengan sangat cermat. Dan banyak dari konsumen ingin mencoba brand baru.
Menurut hasil studi Google, 93% pembelian telah direncanakan sebelumnya, sedangkan hampir 50% pembelian dilakukan pada minggu pertama Ramadan. Selain itu, 88% konsumen berbelanja di setidaknya satu retailer yang belum pernah mereka beli produknya sebelumnya.
Faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, entah di toko online atau gerai offline, adalah titik sentuh (touch point) yang mereka gunakan saat riset. Tujuh dari 10 touch point adalah digital. Dan di antara titik sentuh digital ini, dua yang teratas adalah Search dan YouTube.
Temuan Google lainnya adalah pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian konsumen selama Ramadan. Menurut survei Kantar, 89% penonton YouTube mengetahui brand atau produk baru dari iklan YouTube, dan iklan juga membantu 80% penonton mengambil keputusan tentang apa yang akan dibeli.